Kamis, 27 Januari 2011 | 13.54 | 96 Comments

Hargailah pendapat orang lain

ini adalah episode ke-2 dari BERJIWA BESAR. Saya jadi teringat dengan diskusi mata kuliah yang dilakukan di kampus. Masing-masing kelompok mengajukan argumennya. Kelompok pembawa materi mempertahankan pendapatnya, merasa dirinya benar karena punya landasan referensi yang bagus. kelompok pendengar dan penanya juga kekeh mempertahankan argumen dan sanggahannya, merasa dirinya benar karena juga memiliki landasan referensi yang tidak sedikit.

Sebenarnya saya tidak suka dengan metode diskusi seperti itu, Mengapa ? karena mengajarkan kita berjiwa kerdil bukan BERJIWA BESAR.

Manusia yang BERJIWA BESAR adalah manusia yang mampu menghargai pendapat dan keyakinan orang lain sekalipun berbeda dengan pendapat dan keyakinannya. Sedangkan manusia yang berjiwa kerdil adalah manusia yang tidak mau mendengar dan menerima pendapat orang lain karena merasa dirinyalah yang paling benar.

Bagaimana dengan kita ? suatu saat kita akan dikritik, dikasih nasehat, pendapat dan pandangan. Terkadang bila pribadi Manusia diserang dengan kata-kata yang tidak enak, manusia cenderung bertahan dan melawan. Atau ketika orang lain apakah itu dari suami, istri, teman serta saudara memberi pendapatnya kebanyakan manusia langsung menolak dan tidak mendengarkan. Karena satu alasan " KITALAH YANG PALING BENAR ".

BERJIWA BESAR selalu hadir bersama kisah orang-orang yang besar. Marilah kita belajar dengan Khalifah Abu Bakar dan Khalifah Umar bin Khatab ketika mendengar kritikan dari seorang wanita yang memerahkan telinga, Beliau menerimanya dengan Lapang dada.

Pelajaran yang kita petik hari ini adalah :

" Belajarlah untuk menerima pendapat dan keyakinan orang lain dari siapapun itu sekalipun berbeda dengan pendapat dan keyakinan kita.Cernalah apa-apa yang orang lain katakan kepada kita, Karena hanya orang yang BERJIWA BESAR yang mampu menerima pendapat orang lain "

Hanya orang yang Berjiwa kerdil yang suka mempertahankan ego dan tidak mau menerima pendapat orang lain. Dan hanya orang yang berjiwa kerdil yang merasa sudah memborong semua kebenaran.

Pilih mana Berjiwa kerdil atau BERJIWA BESAR ? tapi Insya Allah kita semua adalah orang-orang BERJIWA BESAR. Amin

96 comments:

joe mengatakan...

menghargai pendapat orang lain, terutama jika ingin kita dihargai

Beauty Blog mengatakan...

sebuah kearifan yang sudah mulai hilang saat ini

Blogger Bumi Lasinrang mengatakan...

artikel yang sangat mencerahkan , terimakasih

sibutiz mengatakan...

yapz,jika kita ingin di hargai maka tentunya kita harus belajar menghargai orang lain dulu...
salam kawan.

Langit mengatakan...

Yups, betul sahabat,
Dengan menghargai orang lain, tentu kita akan mendapat respect yaang baik pula.. :)

Ahmad'z mengatakan...

musyawarh merupakan hal yang sangat tepat untuk saling menghargai pendapat org lain,,^^

wawank mengatakan...

Insya Allah kita termasuk berjiwa besar dgn selalu mnghargai pendpt orang laiin.

Imtikhan mengatakan...

betul sekali kawan

Download mengatakan...

mampir silaturrahmi kawan

IbuDini mengatakan...

Jika kita ingin dihargai paling tidak kita tanamkankan dulu pada diri kita tetang bagaimana menghargai...

Postingan yang bagus..aku suka

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kalo ingin diharga, hargailah orang lain dulu..

artikelnya keren bro

bagus al haqq mengatakan...

betul, hargailah sesuai harga pasarannya!.

kira mengatakan...

yupsss, setujo

Berpikir Positif mengatakan...

dibuthkan sebuah kebijaksanaan untuk bisa menghargai pendapat dan menerima perbedaan makin bijaksana aja nak

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

setuju sob menghargai untuk di hargai :)

dinoe mengatakan...

amin, moga kita semua jadi orang-orang yang berjiwa besar ya sob...

unifikasi mengatakan...

berjiwa besar itu terbuka. kita diskusi kan tujuannya buat cari jawaban bersama untuk sebuah masalah, bukan kampanye opini kita.

Blog Tutorial Blogger mengatakan...

berkunjung silaturrahmi kawan

wong sikampuh mengatakan...

mudah2an kt slalu berjiwa bsr.amin

http://jemput-rizki.blogspot.com mengatakan...

Nek bener ya mesti mempertahankan pendapat itu, meski pahit. hanya saja memang perdebatan tidak pernah membuat orang lain mau menerima pendapat kita, justru membuatnya semakin yakin kalau kita salah... makanya forum yang paling buruk untuk menyampaikan ilmu adalah debat...

kunjungan balik kang...

Tip End Trik mengatakan...

harus menghargai jika ingin di hargai

gus sholeh mengatakan...

semoga kita termasuk orang yang berjiwa besar

All In One mengatakan...

kalau kita menghargai pasti kita akan di hargai

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

yups...
hargailah orang lain jika ingin dihargai oleh orang lain :)

om canel mengatakan...

betul tuh,,
sebelum kita minta di hargai,,
sebaiknya kita hagai orang lain dulu :-)

ivan kavalera mengatakan...

Benar sekali, sobat. bangsa ini harus terus dicekoki ajaran positif semacam ini.

Salesman Jogja mengatakan...

Setuju banget dech ama tulisan ini...tapi jangan bermulut besar ya...He he

sawali tuhusetya mengatakan...

sungguh, ternyata bukan hal yang mudah utk menjadi sosok yang berjiwa besar. mungkin ada baiknya dimulai dari diri sendiri. namun, jauh akan lebih baik jika kaum elite negeri ini mampu memberikan keteladanan.

inno mengatakan...

Amin. :D
Semoga kita tergolong orang2 yg senantiasa memiliki jiwa yang besar n tidak berpikiran sempit.

mamah Aline mengatakan...

saya teringat buku yang pernah saya baca: berfikir dan berjiwa besar, esensi untuk menjadi pemimpin atau orang sukses pertama kalinya dari sikap menghargai orang lain dan menerima pandangan dan kritik orang lain secara terbuka.

Desy mengatakan...

kalau kita menghargai pasti kita akan dihargai juga
bener nggak??

Blog Tutorial Blogger mengatakan...

selamat petang kawan...
berkunjung lagi nich
silaturrahmi sekalian mencari update terbaru
terima kasih.

NINDAAA mengatakan...

benar2 kemudian baru orang2 balas menghargai kita

Imtikhan mengatakan...

salam persahabatan
berkunjung pagi mas

Djangan Pakies mengatakan...

Assalamu'alaikum sodaraku,
kunjungan pertama salam silaturrahim
tidak mudah menjadi orang yang mampu mendengarkan pendapat orang lain dengan baik, namun semua ini bisa dipelajari dengan latihan telaten dengan bermula dari meletakkan ego karena ego merupakan dasar kuat sebuah kesombongan. dan kesombongan akan menjauhkan dari menghargai pendapat orang lain.
terima kasih Sob postingannya menggugah nurani untuk mencontoh sahabat-sahabat Rasulullah saw

Buditech mengatakan...

Ya biasanya orang tu terlalu mementingkan kepentingan sendiri, nga mau dengenrin orang lain.

Makanya bangsa kita susah majunya...

Bali Hai cruise mengatakan...

Semangat ngblog , semangat hidup

windflowers mengatakan...

yup..semoga kita senantiasa memiliki jiwa yg besar...amin..:)

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Jiwa besar dapat tumbuh seiring waktu berjalan, namun dengan budi pekerti yang luhur dan dijalankan dengan benar, maka dengan sendirinya kita akan selalu dihargai.

Diera kini banyak orang yang telah menyepelekan tentang pembelajaran budi pekerti, marilah kita sama-sama untuk selalu mensosialisasikan tentang budi pekerti yang baik di setiap hasil karya kita.

Salam

"Ejawantah's Blog"

java ukigoshi mengatakan...

update terus ya
danjuga hargai pendapat oranglian ya

PENYAKIT JANTUNG mengatakan...

kalau kita ingin di hargaii,,

hargailah orang lain,,

bner juga...

thank ya

obat penyakit jantung mengatakan...

siip bener banget....
kita mesti menghargai pendapat orang lain,, dlam diskusi pendapat orang lain mesti kita tampung...
setiap orang kan punya pendapat dan pemikiran masing2

budi santoso mengatakan...

setuju,,,, tapi banyak sekali diluaran sana yng memiliki jiwa kerdil... hamya otot saja yamg di tonjolkan tanpa mau berfikir atas apa yang di katakan

budi santoso mengatakan...

setuju,,,, tapi banyak sekali diluaran sana yng memiliki jiwa kerdil... hamya otot saja yamg di tonjolkan tanpa mau berfikir atas apa yang di katakan

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami mengatakan...

saya yakin semuanya akan jawab untuk menjadi berjiwa besar,,,

jasa kontraktor mengatakan...

bagaimana cara nya bila dalam diskusi, kita tahu pendapat kita benar dan sudah ada buktinya..tp pihak lawan kukuh sama argumennya...kita tahu mereka salah dan ingin memberitahukan yg benar seperti apa...apakah kita harus berjiwa besar, walopun tahu mereka salah dan membiarkan tetap salah terus....serba salah donk

Obat Alami Untuk Maag mengatakan...

Keberagaman adalah indah, semakin beragam semakin berwarna...
maka hargailah keberagaman pendapat untuk menciptakan keindahan & keharmonisan...

Alya_Infoseminar21 mengatakan...

untuk meleakukan sesuatu hal yg baik terkadang sulit memang

tp dgn melaui proses yg terus bsa qta lalui
hal2 terbai td akan mampu qta capai,,,
smngad n perbnyaklah tanamkan Berjiwa Besar td
agar qta mampu melihat sudut perbedaan menjadi sesuatu yg indah,,,,

Obat herbal gagal ginjal mengatakan...

untuk menghargai orang itu butuh jiwa yang sangat besar!!!

Obat herbal glaukoma mengatakan...

ane setuju gan dengan artikel diatas!!!
nice gggan

Obat Herbal Lupus mengatakan...

intiny kita harus bisa menghargai orang lain jika kita ingin dihargai!!!

Obat Herbal nyeri Sendi mengatakan...

saatnya kita tinggalkan jiwa kerdil kita toeh tak ada manfaatnya juga

outbound training malang mengatakan...

salah satu ciri2 orang sombong adalah tidak mau menghargai pendapat orang lain.,.

kontraktor mengatakan...

bagus neh artikelnya...mengingatkan kita untuk saling menghargai ...:)

interior consultant mengatakan...

aku setuju dengan postingannya neh...:)

obat alternatif batu ginjal mengatakan...

thanks gan informasinya

foredi mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

foredi gel mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Foredi mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

foredi gel mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi dr boyke mengatakan...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

foredi dokter boyke mengatakan...

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

foredi murah mengatakan...

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

beli foredi mengatakan...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Foredi mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

foredi gel mengatakan...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

foredi dr boyke mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

foredi dokter boyke mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

beli foredi mengatakan...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Jual foredi gel mengatakan...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Jual foredi mengatakan...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

gejala hiv mengatakan...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

gejala penyakit hiv aids mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

gejala penyakit hiv aids mengatakan...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

buah merah mengatakan...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Buah Merah mengatakan...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

buah merah mengatakan...

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

khasiat buah merah mengatakan...

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

sari buah merah mengatakan...

terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

ciri ciri hiv mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

ciri ciri penyakit hiv mengatakan...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

ciri ciri penyakit hiv aids mengatakan...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

tanda tanda hiv mengatakan...

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

tanda tanda hiv mengatakan...

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

ciri ciri penyakit hiv aids mengatakan...

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

tanda tanda hiv mengatakan...

wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

tanda tanda hiv aids mengatakan...

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

gejala hiv mengatakan...

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba

gejala hiv aids mengatakan...

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

gejala awal hiv mengatakan...

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

amandel mengatakan...

Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

Pesta ulang tahun mengatakan...

menariik artikelnya :)

Obat Herbal Kanker Payudara mengatakan...

setuju banget,,,

agus herbal mengatakan...

nice infonya gan

DOWNLOAD SEDUCE ME SEX ADULT 18+ PC GAME COMPRESSED CLICK HERE mengatakan...

FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.icoregames.blogspot.com

ricky mengatakan...

nice info thanks for sharing

Poskan Komentar

silakan berkomentar apapun !
terima kasih atas kunjungan Anda !
silakan datang lagi pada posting berikutnya

[[ Form Komentar Klasik ]]

Pengikut

 
Copyright 7 Taman Langit © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.