Kebiasaan-kebiasaan di bulan Ramadhan

Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di bulan Ramadhan yang saya amati.Ada kebiasaan yang baik, ada pula kebiasaan yang kurang baik.

Diantara kebiasaan yang baik itu diantaranya :

  1. sebelum bulan Ramadhan tiba, digalakkanlah namanya Razia terhadap minuman keras, tempat hiburan malam, petasan dan lain-lain.Semuanya untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan. Tapi saya pikir-pikir
  2. Di Bulan Ramadhan, semua umta Muslim berlomba-lomba dalam beribadah.mulai dari shalat berjamaah, mengaji, bersedekah, memberikan jamuan buka puasa dan lain-lain. Pingin sih rajin kayak mereka, tapi kalau rasa malas sudah menghinggapi saya jadi bagaimana ya ? ha..ha...ha..
Ada pula kebiasaan kurang baiknya, diantaranya :

  1. Diakhir-akhir bulan Ramadhan shaf shalat di Masjid semakin berkurang. khususnya ibu-ibu dan cewek-cewek nih.hal itu karena kaum hawa sibuk mempersiapkan hari raya Idul Fitri yaitu dengan membuat kue dan makanan. sedangkan cowoknya sibuk hunting baju lebaran. Akibatnya ibadaha ke Mesjid jadi berkurang.Padahal minggu terakhir di bulan Ramadhan seharusnya semakin giat beribadah karena ada Malam Lailatul Qadar. Mudah-mudahan kita tidak begitu ya.. dan mudah-mudahan kita mendapatkan malam Lailatul Qadar. Amiiin........
  2. Nah ini yang bikin saya gondok 1/2 hidup, yaitu petasan.Banyak anak kecil yang main petasan di bulan ramadhan dan bikin kegaduhan.Ironisnya banyak anak kecil yang meledakkan petasan di halaman Masjid pas saat orang-orang lagi malaksanakan shalat tarawih. Imam Masjid pun berkata bahwa kekhusyukan shalat jadi terganggu. khususnya para orang tua lanjut usia bisa kena serangan jantung kalau dengar petasan itu. gawat kan ?
Mohon maaf kalau saya ada salah-salah kata. maklum saya hanya posting apa yang saya lihat saja. he..he.

salam sejahtera

Ditulis Oleh : Pelakon Takdir ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Kebiasaan-kebiasaan di bulan Ramadhan yang ditulis oleh lifeiscoin.blogspot.com yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di lifeiscoin.blogspot.com

23 comments:

  1. yang pasti kebiasaan paling top di bulan ramadan ya.. ngabuburit dan salat tarwih :)

    BalasHapus
  2. Kita isi ramadhan dengan memberangus keyword konten mring

    BalasHapus
  3. Aku juga gak suka jika anak2 banyak yg main2 dengan petasan, karena aku mudah banget kaget. Sehingga suara petasan selalu sukses membuatku sport jantung.. :(

    BalasHapus
  4. Semoga kita mampu menjalani ibadah di Bulan Ramadhan dg sebaik2nya dan mampu meraih kemenangan. Amin

    BalasHapus
  5. anak kecil main petasan?.. banyak juga tuh di sekitaran kos saya.. mpe ada yang dikerjain, pas lagi enak2 duduk ditaruh petasan dibawah kursinya. *ngakak saya ngeliatnya*.
    Tapi, yaa namanya juga anak-anak.. ntar kalo gede brenti sendiri koq

    BalasHapus
  6. Suasana yang selalu dirindukan umat Islam.... jika ada satu dua kebiasaan buruk itu soal budaya saja. Selamat menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus
  7. Emang gitu sob.. kebiasaan di daerahku juga sama hehe

    BalasHapus
  8. iya juga yaaaa :)
    sekarang udeh hari keberapa deh kita puasa ? *mikir

    BalasHapus
  9. semoga puasa kita tidaklah sekedar mendapat lapar dan haus saja karena puasa itu menahan, mengendalikan bukan sekedar menunda. meski waktu berbuka telah tiba, semestinya tetap mampu mengendalikan nafsu, bahkan hingga bulan Ramadhan berlalu. Janganlah siang berpuasa, malam puas-puasin. Siang ditahan-tahan, malamnya seperti balas dendam

    BalasHapus
  10. waha saya bener² mengiyakan point demi point diatas sob, yah begitulah adanya seperti menjadi tradisi semakin maju puasa eh semakin maju pula syaf orang sholat tarawih di mesjid hehe..
    koreksi dikit sob pada point 2 ada kata yang sedikit kebalik hehe..(umat)
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  11. Benar sekali, mari kita ramaikan terawih dan tadarus, tapi bukan dengan petasan lho!

    BalasHapus
  12. selamat menjalankan puasa ramadhan ...

    BalasHapus
  13. Yang nmr satu ini yang ga bisa diterima... kurangnya jamaah pda saat hari trakhir..

    BalasHapus
  14. kapan nih cari baju lebaran tapi siang hari aja ya

    BalasHapus
  15. pengamatan anda benar, itulah yg banyak terjadi.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  16. Untung saya hidup di Kampung, jadi petasan jarang disini adanya Lodong (petasan bambu) jadi mainnya di tengah sawah atao di lapangan ga mungkin deket mesjid... hehehehe

    BalasHapus
  17. bETUL...SAYA JUGA sebel dengan yang namanya petasan

    BalasHapus
  18. memang demikianlah yang sering terjadi disekitar kita

    BalasHapus
  19. semoga kita bbisa sampai ke bulan Ramadhan lagi amin

    BalasHapus
  20. jadi kangen pengen puasa ramadhan lagi...

    BalasHapus
  21. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus


terima kasih atas kunjungan Anda !
silakan datang lagi pada posting berikutnya

Pengikut

Back to top